Pengantar Buletin IPMALAY’05

Kamis, 13 Maret 2008

Pengantar Buletin IPMALAY’05
Assalammu’alaikum wr.wb
Salam sejahtera
Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan rahmat dan hidahnya kepada kita semua. Dalam kesempatan ini izinkanlah saya mewakili kawan-kawan IPMALAY kembali mengajak kawan-kawan dalam hubungan silatuhrahmi dan kekeluargaan. Saya atas nama kawan-kawan IPMALAY mengucapkan terima kasih pada kawan-kawan yang telah mau meluangkan sedikit waktu ditengah-tengah kesibukan berbagai aktivitas yang mau ikut hadir dan berperan aktif dalam menyukseskan kongres IPMALAY yang kita selenggarakan. Adapun kongres IPMALAY diadakan yaitu sebagai mediator dalam memperbaiki berbagai sistem diitubuh IPMALAY dan persoalan-persoalan yang ada.sekaligus menciptakan moment menting bagi perkembangan IPMALAY di masa yang akan datang. Untuk itu kami mengharapkan masukan, kritik dan ide-die dari kawan-kawan yang tentunya akan bermanfaat bagi perkembangan IPMALAY itu sendiri.
“keberhasilan suatu pertempuran sangat ditentukan oleh penguasaan kita terhadap medan pertempuran itu sendiri, seberapa besar kemampuan kita dan seberapa hebat musuh yang harus kita hadapi, serta medan pertempuran yang akan kita jalani, apa, kapan, dan dimana.”
Filosofis di atas inilah yang kemudian mengilhami kami untuk menerbitkan warta IPMALAY, sebagai sedikit panduan ataupun gambaran kecil terhadap medan pertempuran yang mengkin akan kalian hadapi kedepan.
Dalam dua tahun usia IPMALAY telah memberikan cukup waktu bagi kami untuk sedikit mengevaluasi eksistensi kita disini. Kita sama-sama mengetahui fakta yang cukup memprihatinkan bahwa secara kuantitatif eksistensi alumni kita sangat minim, terutama pada PTN-PTN di Jawa. Kesimpulan ini kami ambil dari beberapa diskusi yang dilakukan baik secara internal, maupun bersama teman-teman lain dari beberapa daerah di jawa seperti Bandung dan Bogor. Hipotesis pertama yang kami ambil adalah bahwa minimnya minat alumni untuk berusaha menembus PTN di Jawa, penyeban utamanya adalah kurangnya informasi yang cukup untuk kemudian mengambil keputusan untuk berusaha sekeras mungkin menembus PTN-PTN di Jawa. Hipotesis inilah yang kemudian kami coba untuk dicarikan solusinya. Solusi akhir yang kami temukan adalah sebuah usaha yang maksimal dalam rangka sosialisasi kondisi atau gambaran secara umum bagaimana kuliah di Jawa. Sosialisasi ini kemudian direalisasikan, salah satunya melalui sebuah media yang kemudian kami beri label warta IPMALAY. Format ini kami harapkan cukup efektif umtuk mencapai tujuan sosialisasi yang kami maksud.
Paling tidak, melalui media ini kami berharapan besar dapat memberikan gambaran secara umum tentang dunia perkuliahan di Jogya, UGM pada khususnya, bagaimana kehidupan di Yogya mulai dari biaya hidup sampai pada fasilitas-fasilitas yang bisa kita dapatkan disini. Disamping itu, kami juga memberikan gambaran tentang mahasiswa peran dan fungsinya dalam masyarakat, rutinitas dan keseharian, serta kesulitan-kesulitan yang mungkin kita hadapi.
Diharapkan pula dengan usaha ini kiranya dapat mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan kesalahan kalian dalam memilih dimana, universitas apa dan dijurusan apa kalian akan melanjutkan studi nantinya. Karena menentukan pilihan ini adalah satu hal yang sannngat sulit, membutuhkan banyak pertimbangan, mulai dari pertimbangan ekonomi, mental,kemampuan akademis, keluarga, minat dan bakat kalian. Pengalaman membuktikan, banyak dari para almuni kita mengalami kegagalan dalam studinya, kemudian ada yang tidak betah dan harus pindah daerah, universitas ataupun jurusan, ada juga yang kemudian kuliah tapi tidak kuliah semua ini tentunya diakibatkan oleh perhitungan yang kurang matang dan ketergesah-gesahan. Jadi, melalui media ini kami berusaha untuk memberikan sedikit pedoman dan bimbingan kepada anda-anda untuk menentukan pilihan. Oleh karena itu kami menghimbau kepada adik-adik agar jangan segan-segan untuk menanyakan apa yang kalian tidak tahu, dan kami akan berusaha memberikan apa yang kami tahu. Untuk itu kami telah membuka segala jalur komunikasi yang mungkin bisa kami lakukan baik secara personal (langsung kepada orang-orang tertentu) atau melalui organisasi (IPMALAY).
Kami sangat menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan disana-sini. Tapi inilah usaha maksimal kami dalam segala keterbatasan dan kekurangan yang ada pada kami. Dan untuk itu ada kesepakatan di antara kami untuk tetap berusaha meningkatkannya dimasa yang akan datang. Kami juga menerima segala bentuk kkritik dan saran yang sifatnya membangun demi kebaikan kita bersama.
Akhirnya, puji syukur yang sebesar-besarnya kepada Allah SWT atas segala rahmat dan karuniaNya, kemudian terima kasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada orang tua kami, guru-guru kami dan masyarakat Labuhan Batu pada umumnya atas semua yang telah diberikan kepada kami, serta penghargaan kepada seluruh saudara dan rekan-rekan kami atas dukungan motil dan materil terhadap apa yang telah kami lakukan, sehingga kami dapat menyelesaikan terbitan perdana ini.

0 komentar:

 
IPMALAY © 1988 | Designed by Lingkar Dalam Febri, in collaboration with IPMALAY | Ayo Update Kegiatan IPMALAY Dari Sini, Selamat Membaca