…“Paradigma IPMALAY!”

Kamis, 13 Maret 2008

…“Paradigma IPMALAY!”
Kontribusi Sahabat…
Perubahan-perubahan dalam berbagai aspek kehidupan bangsa ini menghembuskan angin segar bagi semua pihak, demikian pula yang terjadi dengan IPMALAY. Beberapa perkembangan terbaru yang terjadi seputar aktivitas yang dilakukan oleh para konstituen IPMALAY dalam menyikapi berbagai permasalahan baik dalam lingkup internal IPMALAY maupun dalam kaitannya dengan tanggungjawab sosial yang diemban sebagai sebuah organisasi dengan basis ide sosial-kultural ini adalah bentuk respon positif terhadap dinamika perubahan tersebut.
Dalam catatan sejarah yang tertoreh pada perjalanan IPMALAY, aktivitas-aktivitas dalam rangka membangun kerangka organisasi yang solid, mau tidak mau harus diakui telah menyita banyak energi dari masing-masing bagian di dalamnya. Sementara, berbagai perubahan di luar lingkup IPMALAY kadang terkesan menjadi terlalu cepat, menjadi sulit diakselerasi. Adalah sebuah misi yang hampir-hampir sangat “mustahil” diwujudkan. Bergelut dengan segala permasalahan internal, membangun silaturahmi yang menjadi fundamen bagi keberlangsungan nafas IPMALAY sebagai sebuah keluarga, pada saat yang sama juga harus tanggap terhadap tantangan dan kompetisi yang terjadi di berbagai dimensi lainnya.
Tanpa bermaksud untuk tampil arogan, aktivitas-aktivitas yang sering coba diwacanakan dan pada akhirnya digulirkan menjadi sebuah langkah konkrit dari IPMALAY, adalah sebuah pertumbuhan yang patut dibanggakan. Sampai sejauh ini, berbagai upaya tersebut dapat dikategorikan sebagai loncatan baik dalam aspek organisasional, aspek kekeluargaan, maupun efek dari kontribusi IPMALAY dalam kancah dinamika organisasi daerah di Jogja.
Sebagian besar agenda aktivitas strategis yang telah direalisasikan pada periode kepengurusan 2004-2007 dan dilanjutkan pada periode saat ini masih seputar pada aktivitas-aktivitas dalam lingkup internal seperti penyambutan anggota-anggota baru IPMALAY, aktivitas dalam aspek kependidikan dengan memfasilitasi dan mengakomodasi anggota-anggota baru untuk mendapatkan sekolah maupun perguruan tinggi yang sesuai, dan aktivitas pembinaan kesadaran dan mentalitas dengan berbagai program rutin yang telah ada sebelumnya semacam pengajian, diskusi-diskusi terus coba diupayakan guna menjamin kesinambungan dalam aspek pendidikan dan pemberdayaan sebagai tema besar yang menjadi sasaran utama eksistensi Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Labuhanbatu di kota Yogyakarta. Di luar, pada periode sebelumnya telah mulai diwarnai dengan aktivitas membangun kerjasama dengan pihak luar dengan rencana seminar, program-program sosialisasi dan silaturahmi dengan organisasi yang skalanya lebih besar seperti organisasi mahasiswa Sumatera Utara (Bukit Barisan). Bahkan sampai pada skala nasional dengan keterlibatan IPMALAY sebagai kostituen dalam program Pemkot Yogyakarta untuk membentuk sebuah forum pelajar mahasiswa se-Indonesia. Tentunya tidak berlebihan dengan adanya langkah-langkah strategis tersebut berbagai persoalan yang menjadi ‘PR’ bagi IPMALAY diharapkan dapat terselesaikan.Terlepas dari segala perkembangan tersebut, dinamika kehidupan tentu bukanlah sesuatu yang “final”. Hingar bingar panggung politik dengan berbagai dinamika yang menyertainya Berbagai konsep baru tersebut masih membutuhkan pemikiran dan kerja yang lebih keras lagi bagi para pengurus maupun para anggota untuk pada akhirnya mewujudkan cita-cita IPMALAY sendiri, sebagai akumulasi cita-cita masing-masing pihak di dalamnya dan cita-cita nasional bangsa INDONESIA. Akhir kata, perjuangan belum selesai bung!

0 komentar:

 
IPMALAY © 1988 | Designed by Lingkar Dalam Febri, in collaboration with IPMALAY | Ayo Update Kegiatan IPMALAY Dari Sini, Selamat Membaca