Silaturahmi Bapak Wakil Bupati Labuhanbatu dan Mahasiswa Labuhanbatu di Yogyakarta

Kamis, 19 Mei 2011


Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE

Diskusi dan sharing hari ini terbilang istimewa dan sedikit berbeda dengan diskusi sebelumnya karena dihadiri langsung oleh Bapak Suhari Pane sebagai Wakil Bupati Labuhanbatu, kunjungan yang dilakukan di tengah kesibukan kerja sebagai Wakil Bupati bertujuan adalah untuk terus mempererat tali silaturahmi antara pemerintah daerah dan mahasiswa daerah yang diharapkan mampu menjadi generasi penerus maupun generasi perubahan di daerah asal sebagai kampung halaman. Pemerintah yang telah didaulat secara resmi untuk merumuskan kebijakan yang selanjutnya dijadikan sistem berjalan di harapkan mampu selalu bersinergi dengan masyarakat luas sebagai subjek pelaksana, sehingga tujuan dapat dengan lebih mudah diwujudkan. Namun proses tidak terus terhenti, karena masyarakat di harapkan secara sadar mau ikut berpartisipasi aktif dalam menjalankan sistem yang telah di buat.

Keep smile @discussion

Diskusi dibalut dalam suasana penuh kekeluargaan namun tetap formal terus berjalan dan membahas beberapa materi diskusi antara lain : Pendidikan dan Infrasutruktur di Labuhanbatu.

@Pendidikan :

“Harapan pemerintah daerah terhadap mahasiswa-mahasiswa perantau sangatlah besar, terutama dalam hal pengembangan pendidikan di Labuhanbatu yang saat ini masih cukup tertinggal di banding Kota Yogyakarta sebagai salah satu barometer kota pendidikan di Indonesia.

Namun hal ini bukanlah hal mudah karena perlu pembenahan dari hulu hingga hilir, setiap elemen perlu di benahi. Perlu dibangkitkan lagi kesadaran yang lebih dari masing-masing elemen dalam menjalankan tugas ini, dan ini adalah tugas bersama.”

Potongan kalimat dari Bapak Suhari Pane dalam diskusinya kembali menguatkan peran mahasiswa daerah untuk ikut berpartisipasi langsung dalam memajukan kualitas pendidikan di daerah asal (baca : Labuhanbatu) yang sekarang masih bisa dikatakan tertinggal dari kota Yogyakarta. Selain itu, hal ini juga untuk mensinergikan program pemerintah daerah Labuhanbatu mewujudkan cita-cita Kabupaten Labuhanbatu sebagai salah satu barometer pendidikan di provinsi Sumatera Utara dan Indonesia J. Tentu bukanlah hal yang mustahil jika pada suatu saat nanti Labuhanbatu bisa bersanding dengan Yogyakarta sebagai daerah pendidikan yang layak di perhitungkan di Indonesia, ini adalah program besar yang layak dikawal sampai selesai. Program pendidikan yang diusung oleh pemerintah daerah Kabupaten Labuhanbatu sejalan dengan cita-cita Ipmalay yang saat ini berperan sebagai salah satu sebagai front liner dalam pendidikan. Pengembangan pendidikan kearah yang lebih baik adalah tujuan mulia, karena melalui pendidikan yang berkualitas harkat dan martabat akan meningkat.

Namun untuk mewujudkan cita-cita ini bukanlah hal yang mudah, setiap orang yang terlibat dalam sistem pendidikan diharapkan mempunyai kesadaran untuk serius mengembangkan pendidikan. Labuhanbatu tidak hanya membutuhkan sistem yang berkualitas, sumber daya manusia (SDM) juga merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Sehingga pengembangan potensi sumber daya manusia ke tingkat yang lebih baik mutlak dilakukan, hal ini untuk mempermudah terwujudnya cita-cita bersama. Pembenahan dari hulu hingga hilir dalam sistem pendidikan harus segera di lakukan, totalitas pemerintah dalam melakukan perubahan dan pembenahan dibutuhkan. Tidak ada tebang pilih dalam menjalankan prosesnya, sehingga tidak terjadi ketimpangan-ketimpangan yang perlahan akan menjadi riak pengganggu. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau mahasiswa Labuhanbatu kebanyakan yang mengenyam pendidikan di Kota Pelajar ini merasa tertinggal dengan mahasiswa lain yang berasal dari pulau jawa, mahasiswa yang berasal dari Labuhanbatu harus terus mengejar ketertinggalan yang sangat jauh. Sehingga mahasiswa-mahasiswa Labuhanbatu di Yogyakarta sering di analogikan sebagai pembelajar yang lambat, banyak hal yang baru diketahui terlambat, banyak hal yang baru disadari terlambat dan sayangnya lagi itu semua terjadi ketika mahasiwa Labuhanbatu kebanyakan sudah sampai di tanah Jawa ini, di tanah kaum pelajar. Hal ini yang menjadikan Ipmalay terus berjalan dan berproses, kesadaran bersama bahwa Labuhanbatu membutuhkan sesuatu yang baru untuk mempercantik wajah pendidikannya juga bisa dimulai dari tangan generasi muda, kesadaran bahwa kita (baca : mahasiswa) harus ikut berpartisipasi dalam agenda perubahan ke arah yang lebih baik. Dimulai sejak dini, dari diri sendiri dan lingkungan terdekat. Tanggung jawab kita sebagai aktor pendidikan sama di mata pendidikan, mereka punya hak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

“Kesadaran dari pejabat-pejabat terkait untuk terus mensukseskan cita-cita ini sampai akhir sangat dibutuhkan, babat habis pejabat yang coba-coba genit di tengah jalan

Kalau dia coba-coba mencubit genit, maka anda-anda bersiaplah menjadi golongan yang akan mengalungkan samurai di leher jenjangnya”

“Ipmalay”

Semoga silaturahmi tidak terputus sampai disini, keperdulian pemerintah daerah untuk mau membuka diri dan melibatkan mahasiswa dalam pengembangan pendidikan sangat dibutuhkan. Garis koordinasi harus terintegrasikan, sehingga sinergi dapat tercipta. Ipmalay akan selalu setia mendampingi proses perubahan pendidikan di Labuhanbatu, dengan segenap tenaga dan dan fikiran yang dipunya.

Terima kasih atas kunjungan dari Bapak Suhari Pane selaku Wakil Bupati Labuhanbatu yang sudah menyempatkan waktunya berkunjung ke sekretariat Ipmalay untuk diskusi dan sharing informasi, semoga budaya ini selalu lestari terjaga. Semoga niatan tulus untuk merubah Labuhanbatu sejak dini dimudahkan oleh Tuhan yang maha esa, semoga tetap konsisten menjadi wakil rakyat yang peduli dengan rakyat. Salam pendidikan yang lebih baik untuk Labuhanbatu dari Yogyakarta.

“Ipmalay”

0 komentar:

 
IPMALAY © 1988 | Designed by Lingkar Dalam Febri, in collaboration with IPMALAY | Ayo Update Kegiatan IPMALAY Dari Sini, Selamat Membaca