Apa pentingnya Konsep yang matang

Selasa, 05 April 2011

Program merupakan sebuah hal pokok yang harus di fikirkan oleh kader-kader dalam sebuah Organisasi, karena dengan program keberlangsungan sebuah organisasi akan terjaga dengan baik. Terkadang, karena desakan seperti ini menyebabkan kader-kader dalam sebuah organisasi menjadi limpung dan terpaksa membuat program dadakan demi menjaga arah pergerakan organisasinya. Namun hal ini biasanya akan berdampak buruk terhadap kesuksesan program dan indahnya sebuah proses yang seharusnya dimaknai indah oleh masing-masing kader.

Tidak terlepas dari Ipmalay, sebagai sebuah organisasi yang berbasis Professional Organizations dan Family Organization tentu pernah mengalami hambatan atau masalah dalam pelaksanaan sebuah program. Dilema yang dihadapi dalam manajemen konflik tidak pernah selesai dalam Organisasi yang berbasis kekeluargaan. Dikarenakan banyak faktor X yang di ujung penyelesaian akan dijadikan sebuah pemakluman saja. Sehingga setiap kader dituntut untuk memiliki kesadaran dan kesadaran dan kesadaran lagi. Sebuah kata yang menjadi kunci paling manjur ketika konflik terjadi. Ipmalay yang banyak bersinggungan untuk merencanakan sebuah agenda program diharapkan juga berfikir tentang rawannya sebuah program tanpa konsep yang matang (Program dadakan). Program yang sedang berada dalam tataran teori seharusnya bisa dipahami oleh semua kader, sehingga tidak terjadi miscommunication ketika program sudah berjalan dalam tataran teknis di lapangan. Setiap kader yang dilibatkan dalam agenda program harus memiliki "Sense of Belong" dulu untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk dalam suksesi program ke depannya.

Kerja teknis atau di kerja di Lapangan dalam sebuah program bisa menjadi rusak atau runyam ketika banyak kader yang terlibat tidak paham mengenai konsep yang di bawa. Sehingga kader tidak akan mampu mencari cara alternatif untuk mensiasati masalah yang dihadapi ketika sudah terjun ke medan teknis lapangan.

Saatnya Berfikir
Memang.....
Menjadi manusia yang mampu bercerita tentang konsep bukanlah hal yang mudah, karena kapasitas pribadi menjadi hal pokok yang harus di penuhi. Namun apabila seorang manusia tidak mampu membuat konsep, maka keberlangsungan hidupnya juga segera saja di pertanyakan. Saat ini di Jogja sangat banyak media yang bisa melatih kita untuk banyak berfikir, banyak media yang memfasilitasi manusia-manusia yang merasa kekurangan dalam membuat sebuah konsep. Salah satunya Ipmalay, Ipmalay banyak menawarkan program yang bersinggungan dengan bagaimana menjadi konseptor yang baik. Mulai dari acara formal hingga non formal, Ipmalay sangat mengapresiasi kader-kadernya apabila memiliki kemauan untuk menjadi seorang konseptor program, karena Ipmalay juga sadar betul tentang bagaimana susahnya mengemban amanah sebagai seorang konseptor. Jadi mulai saat ini sadari potensi yang ada dalam diri kita, harus diarahkan kemana kepasitas yang kita miliki, Sebelum muncul kata-kata terlambat sebagai kamuflase dari sebuah kekecewaan.

So Think, Take Action!!!!

0 komentar:

 
IPMALAY © 1988 | Designed by Lingkar Dalam Febri, in collaboration with IPMALAY | Ayo Update Kegiatan IPMALAY Dari Sini, Selamat Membaca